Home - Distan Bengkalis

    www.distan.bengkaliskab.go.id
Website Resmi Dinas Pertanian Kabupaten Bengkalis
FGD Tindak Lanjut Program Kementan

LPWP Bengkalis Orientasi Ekspor

foto bersama usai acara FGD


BENGKALIS - Membangun Lumbung Pangan di Wilayah Perbatasan (LPWP) merupakan salah satu program yang dicanangkan Kementerian Pertanian dengan mengacu kepada Grand Design Pengelolaan Batas Wilayah Negara dan Kawasan Perbatasan  2011-2025 yang diterbitkan Badan Nasional Pengelolaan Perbatasan.

            Riau merupakan 1 dari 13 propinsi yang menjadi target Kementerian Pertanian untuk pembangunan LPWP. Menindaklanjuti hal itu, dengan diinisiasi BPTP Provinsi Riau, tim perbatasan BPTP Riau menggeliar kegiatan Focus Group Discussion (FGD) yang dilaksanakan pada hari Rabu (6/11/2019) di Aula Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Balitbangda) Kabupaten Bengkalis.  FGD ini diadakan sebagai tindaklanjut dari kegiatan identifikasi potensi dan permasalahan yang telah dilaksanakan beberapa waktu yang lalu, dan FGD di Kabupaten Bengkalis  dilakukan karena Kabupaten Bengkalis memiliki lima lokpri yang berbatasan langsung dengan negara luar.

Dalam FGD ini Kepala Balitbangda Bengkalis, Emri Juli Harnis mengatakan bahwa untuk mensukseskan kegiatan ini diperlukan komitmen yang kuat dan sama dari stakeholder yang ada di Kabupaten Bengkalis, serta membangun rasa optimis agar tujuan menjadikan Kabupaten Bengkalis sebagai lumbung pangan yang berorientasi ekspor bisa diwujudkan demi kesejahteraan masyarakat.

Kemudian, dengan kehadiran Bappeda Kabupaten Bengkalis pada FGD ini diharapkan dapat menjadi Leader dalam melaksanakan rencana aksi usai pelaksanaan FGD dan bersama menindaklanjuti dalam bentuk program dan kegiatan institusi terkait dalam membangun dan mengembangkan Lumbung Pangan Wilayah Perbatasan (LPWP) Kabupaten Bengkalis secara sinergis dan berkesinambungan.

            Sebelumnya, Kepala BPTP Riau sekaligus membuka acara yang diwakili oleh Fahroji mengatakan, kegiatan ini bermanfaat untuk mendukung program pemerintah meningkatkan produksi, produktivitas dan pendapatan petani. Selain itu Ia juga berharap dengan adanya FGD ini diperoleh saran, masukan dalam penyusunan model LPWP di Kabupaten Bengkalis dan mewujudkan LPWP di Kabupaten Bengkalis yang berbasis cooperatif farming serta rencana tindaklanjut yang akan dikerjakan bersama-sama menuju "Bengkalis lumbung pangan berorientasi ekspor di wilayah perbatasan Riau".

Pada kesempatan ini disampaikan juga beberapa materi oleh narasumber yang diawali oleh Kepala Balitbangda Kabupaten Bengkalis Emri Juli Harnis, tentang Dukungan Balitbangda dalam Pembangunan Wilayah Perbatasan dan dilanjutkan dengan materi Dukungan Inovasi Pertanian Wilayah Perbatasan oleh Empersi,  selaku Penjab kegiatan perbatasan BPTP Riau; Aplikasi Bridging Leadership sebagai Pendekatan dalam Pengembangan Kelembagaan Ekonomi Petani di Wilayah Perbatasan oleh Rizqi Sari Anggraini dan Kondisi Existing Kabupaten Bengkalis oleh Fadhlan Zuhdi.

Turut hadir dalam FGD ini Bappeda, Dinas Ketahanan Pangan, Dinas Pertanian Kabupaten Bengkalis, Perwakilan Bank BRI, Ketua Lembaga Keuangan USP, Kepala Desa Mentayan dan Ketua KTNA Kabupaten Bengkalis.***


Komentar

Tulis Komentar

t>