Home - Distan Bengkalis

    www.distan.bengkaliskab.go.id
Website Resmi Dinas Pertanian Kabupaten Bengkalis
Pelaksanaan UPSUS SIWAB di Kecamatan Bantan

Pencanagan UPSUS SIWAB Tahun 2018 Bengkalis


Website Resmi Dinas Pertanian Kabupaten Bengkalis,

Dalam rangka mendukung program Nasional dan Pemerintah daerah dalam Upaya Khusus Sapi Induk Wajib Bunting (Upsus Siwab), Dinas Pertanian Kabupaten Bengkalis telah memberikan pelayanan gratis terhadap kelompok peternak sapi yang ada di Kabupaten Bengkalis, Untuk tahap awal sudah dilaksnakan di Kecamatan Pinggir.

"Upsus Siwab ini merupakan program Nasional dari Pemerintah Pusat, untuk itu kita akan dukung program ini di daerah,  tahap pertama kita telah melaksanakannya di Desa Muara Basung Kecamatan Pinggir," ujar Kepala Dinas Pertanian (Kadistan) Bengkalis, H. Arianto, Rabu (11/04/2018).

Pelayanan gratis yang dimaksud, kata Arianto adalah setiap kelompok peternak sapi yang memilki sapi akan mendapatkan Inseminasi Buatan (IB) dari tenaga ahli yang sudah ditunjuk dari Dispas sendiri, Selain itu juga kelompok peternak mendapatkan penyuluhan agar kedepan bisa mengembangkan sapi yang ada lebih baik.

"Dokter hewan  kita ada disetiap kecamatan, imunisasi IB yang diberikan kepada sapi ini dalam rangka kedepan pengelolaan sapi oleh kelompok ternak bisa memproduksi sapi sendiri," kata Arianto.

Untuk tahap pertama ini sapi yang sudah mendapatkan IB sekitar 200 ekor sapi, akan tetapi jumlah yang ada diwilayah Kabupaten Bengkalis mencapai ribuan, untuk itu pelayanan gratis ini akan dilakukan di setiap Kecamatan yang ada.

Dijelaskan juga oleh Arianto bahwa, dengan adanya program Upsus Siwab ini nantinya kedepan tidak perlu mendatangkan lagi sapi dari luar untuk memenuhi kebutuhan daging khusunya di wilayah Kabupaten Bengkalis, apalagi dalam menghadapi hari-hari besar yang sangat membutuhkan pasokan daging, salah satunya Idul Adha.

"Untuk memenuhi kebutuhan daging khususnya di Kabupaten Bengkalis, kita targetkan kedepan sudah memilki stok sendiri dan tidak perlu mendatangkan sapi dari luar, terutama dalam menghadapi hari besar seperti peryaan Idul Adha," jelas Arianto lagi


Komentar

Tulis Komentar

t>